Pages

Kamis, 17 Maret 2011

Resensi "Oyako No Hanashi"

Judul buku : Oyako No Hanashi

Penulis : Aan Wulandari

Penerbit : Leutika

Cetakan : pertama, 2010

Tebal : 168 halaman



Oyako No Hanashi. Apa yang terbersit dipikiran Anda ketika pertama kali membaca kata tersebut? Novel berhasa Jepang? Komik? Atau hal lain yang ada kaitannya dengan negara tersebut?

Oyako No hanashi adalah sebuah novel yang yang berbasis kisah nyata. Ditulis langsung oleh sang aktris dalam novel tersebut.

Tokoh dalam Novel ini adalah seorang ibu yang dipanggil dengan sebutan Mama, dimana beliaulah tokoh utama sekaligus penulis buku ini. Abah yang notabenenya adalah suami Mama, Syafiq sebagai anak pertama dan Shofie sebagai anak kedua.

Novel ini berawal dari kisah dimana Abah mendapat mendapat kabar gembira bahwa proposal beasiswanya untuk S3 di Jepang diterima. Titik ini menjadi sebuah start pembuka cerita keluarga kecil tersebut.

Novel ini menceritakan kehidupan keluarga kecil yang terjadi setelah adanya keputusan mendadak untuk menetap dalam waktu yang lama di negara yang berbeda. Jepang. Tentu hal ini selain menggembirakan juga menimbulkan beberapa adaptasi.

Nah, disinilah serunya membaca Oyako No Hanashi. Anda akan menemukan kelucuan dan proses adaptasi keluarga yang unik. Mulai dari prosesi persiapan pemberangkatan ke Jepang yang dipenuhi dengan berbagai cerita lucu dan menggelikan, hingga sesampainya dan akhirnya hidup di Jepang.

Mama dan Abah berupaya keras untuk mengatur segala keperluan rumah tangga agar tertata sedemikian rupa.

Novel ini yang dibawakan dengan bahasa sehari-hari, ringan dan sederhana ini sangat cocok dibaca kapan saja. Selain dapat mengendurkan urat-urat syaraf yang sedang menegang, novel ini juga bermanfaat bagi orang tua yang memiliki beragam cerita tentang balita atau anak usia pra-sekolah yang tentunya cukup menyita perhatian.

Tidak hanya itu, sepulangnya keluarga kecil ini ke tanah air juga mmeberikan banyak cerita menarik. Seperti contohnya proses adaptasi Syafiq di sekolah yang tentu sangat berbeda keadaannya dengan yang dialaminya di Jepang. Hal-hal kecil ini juga akan membuat Anda lelah tertawa.

Novel ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang mencari informasi mengenai negara Jepang karena novel ini juga bercerita tentang budaya dan kehidupan sehari-hari di Jepang yang tentunya sangat berbeda dengan negara Indonesia. Mulai dari cuaca yang ekstrem dan cara beradaptasinya, kemudian berbagai hal terkait rumah tangga seperti mengatur biaya pengeluaran, apa dan dimana saja tempat-tempat menyenangkan selama di Jepang, dan hal-hal menarik lainnya. Anda pasti tidak akan bosan membaca novel yang satu ini. Penasaran? Silahkan baca sendiri dan rasakan sensaninya ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar